Business Model Generation by Alexander Osterwalder & Yves Pigneur
Review ulang buku #businessmodelgeneration (terinspirasi dari sesi sharing bareng Laz Al Azhar Jatim kemarin.
Di dalam buku ini dibahas beberapa tahap utk me-model dan me-remodel bisnis sebuah perusahaan / organisasi, bisa digunakan untuk perusahaan milik kita sendiri maupun di tempat kita kerja, bisa secara holistik maupun sesuai ruang lingkup tertentu.
Tahapan besarnya sbb :
1. Kanvas. Bagian ini yg paling keren menurut saya, dimana model bisnis perusahaan dibagi menjadi 9 blok bangunan yg terdiri dari:
a. Customer Segments
b. Value Prepositions
c. Channels
d. Customer Relationship
e. Revenue Streams
f. Key Resources
g. Key Activities
h. Key Partnerships
i. Cost Structure
Nah dari sini semacam kita bs lihat secara helicopter view model bisnis perusahaan seperti apa.
Memodel ini bisa dibuat bareng sama team dlm bentuk brainstorm gitu, lebih komplit jadinya.
2. Pola. Abis dibuat kanvasnya, kita bs nentuin pola bisnis seperti apa. Ada 6 pola di buku ini:
a. Model bisnis unbundling
b. Long Tail
c. Platform Bersisi - Banyak
d. GRATIS
e. Model Bisnis Terbuka
3. Desain. Di tahapan ini dijelasin teknik2 utk desain model bisnis yg baru dari berbagai macam perspektif dan teknik, antara lain:
a. Ideation
b. Visualisasi
c. Eksperimen
d. Iterasi
e. Implementasi
4. Strategi. Bagian ini menguji model bisnis yg uda kita buat pake analisis SWOT dan juga BLUE OCEAN. Ada yang menarik dari penerapan strategi blue ocean (ERRC), yaitu : Eliminate, Reduce, Raise dan Create.
5. Proses. Ada 5 fase:
a. Menggerakkan
b. Memahami
c. Mendesain
d. Menerapkan
e. Mengelola
Jadi, yg lagi mau buka bisnis baru dan pgn memodel bisnisnya, cocok deh terapin isi buku ini.
Atau mgkn para visioner di perusahaan yg mgkn mau me-remodel salah satu bisnisnya jg bs digunakan.
#reviewbukuwenni #businessmodelgeneration #businessmodelcanvas
Komentar
Posting Komentar